Thursday, August 28, 2014

Resensi Buku Ya Allah Tak Patutkah Aku Dicintai?

KETIKA AKU HARUS MEMILIH

Judul                             : Ya Allah, Tak Patutkah Aku Dicintai?
Nama pengarang           : Nurul Nazara
Penerbit                         : PT Elex Media Komputindo
Tempat terbit                : Jakarta
Tahun terbit                  : 2011
Cetakan                         : Pertama
Tebal buku                    : 1,2 cm
Jumlah halaman            : 206 halaman
             
              Nurul Nazara adalah nama pena dari Fithtrati, lahir di Jakarta 16 Februari 1975. Seorang ibu rumah tangga lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Moestopo (B) ini sangat menyukai menulis, membaca, traveling, wisata kuliner, juga mengoleksi aneka busana pengantin. Selain menulis, ia juga berprofesi sebagai make up stylist khusus muslimah berjilbab. Dia selalu merasa mendapat jackpot dalam urusan asrama. Dan jackpot terbesar adalah kala seorang pria yang kini menjadi suaminya memutuskan untuk melamarnya.
              Cerpen Aku dan Savana adalah salah satu cerpen yang ditulis oleh Nurul Nazara yaitu mengisahkan seorang gadis yang bernama Savana. Ia selalu ceria dan tetap tersenyum walaupun dibalik senyumnya ia menderita penyakit HIV/AIDS. Beruntung Savana mempunyai sahabat yang selalu menemani dan menghibur Savana yaitu Inggit. Mereka menyukai satu orang yang sama, bernama Genta. Sampai akhirnya Inggit mengalah dan merelakan Savana menikah dengan Genta. Pada hari bahagia Savana dan Genta, Savana menghembuskan nafas terakhirnya karena penyakit yang dideritanya. Sebelum Savana menghembuskan nafas terakhir ia berpesan kepada Genta untuk menikahi Inggit karena mereka saling mencintai.
              Cerpen selanjutnya adalah Mentari Yang Bersinar. Cerpen ini menceritakan mahasiswi Komunikasi yang cerdas, rajin dan pintar tetapi dibalik kerajinan dan kecerdasannya, ia memiliki kelemahan yaitu kurang disiplin. Hampir di setiap jadwal kuliahnya Mentari selalu datang terlambat namun ia selalu membuat Pak Simanjutak, dosen terkiller di kampusnya kagum atas apa yang dipresentasikan Mentari. Selain cerdas dan pintar ia juga terkenal cantik karena itulah banyak laki-laki yang tertarik padanya, salah satunya yaitu Edo teman sekelas Mentari. Edo menceritakan hampir semua hal tentang Mentari kepada sahabatya, Langit. Tanpa disengaja Langit dan Mentari bertemu di kantin. Langit bercerita kepada Edo bahwa Langit menyukai Mentari karena kecantikannya yang sebenarnya hal ini adalah rencana Edo untuk menjodohkan Langit dan Mentari. Akhirnya rasa cinta menyentuh hati keduanya. Namun, Mentari hanya menganggap Langit sebagai sahaabatnya. Mentari berusaha menata hari barunya dan berharap kepada Allah untuk mempersatukan dirinya dengan Langit dalam sebuah ikatan yang diridai-Nya.
              Selain cerpen yang berjudul Mentari Yang Bersinar juga terdapat cerpen yang berjudul Embusan Angin Takdir, yang menceritakan kisah Embun dan Fajar. Embun seorang remaja perempuan yang divonis dokter mengidap penyakit kanker hati. Di saat Embun berusaha melawan penyakit kanker ganasnya, datanglah seorang dokter yang bernama Fajar yaitu teman kecil Embun. Tanpa sepengetahuan Embun, Fajar telah lama menaruh hati kepada Embun. Setelah lama menyimpan rasa kepada Embun, Fajar memberanikan diri untuk mengungkapan isi hatinya kepada Embun dan mengajak Embun untuk menikah. Tetapi karena penyakit kanker hati Embun yang ganas, ia menolak ajakan Fajar untuk menikah.
              Cerpen terakhir dalam buku Ya Allah Patutkah Aku Dicintai yang berjudul Untuk Sahabatku mengisahkan tentang Icut dan Raden Reno Suryodiningrat yang biasa dipanggil Re. Mereka telah lama menjalin persahabatan sejak mereka kecil sampai akhirnya benih – benih cinta menumbuhi hati mereka. Hingga suatu malam Re mengajak Icut untuk makan malam tetapi Icut merasa tidak layak karena cara makan Icut yang kurang sopan. Maksud Re mengundang Icut makan malam adalah untuk mengenalkan Icut dengan orang tuanya. Sampai akhirnya Icut datang untuk memenuhi undangan Re. Diam – diam orang tua Re berniat menjodohkan Re dengan Icut. Sampai akhirnya Icut mengetahui rencana pertunangan mereka dan mereka menyetujui tentang pertunangan itu sampai Icut bersedia untuk menikah dengan Re.
              Dalam buku yang berjudul Ya Allah Patutkah Aku Dicintai terdapat kekurangan dan kelebihan. Kelebihan dari buku ini adalah penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti sedangkan kekurangan dari buku ini adalah isi cerita yang bertele-tele dan membingungkan pembaca.
              Buku yang berjudul Ya Allah Patutkah Aku Dicintai dalah buku yang sangat cocok dibaca diwaktu senggang anda selain sebagai pengisi waktu senggang anda buku ini dilengkapi oleh berbagai wawasan yang dapat menambah wawasan anda.
                                                                           Kepanjen, 27 September 2013
                                                                                           Resentor,


                                                                              Arum Maharani Arimas

No comments:

Post a Comment